BlueDark-VioletDarkEmeraldGoldenGrapefruitLight-BrownLimeMetallic-BlueOceanOliveOrangePinkRaspberrySky-BlueViolet

Teknik Pertambangan

Program Studi Teknik Pertambangan

Program Sarjana (S.1)

Sumberdaya bumi yang meliputi mineral, air, minyak bumi dan panas bumi, merupakan andalan dalam melaksanakan pembangunan nasional. Dalam rangka memenuhi tenaga ahli professional dalam bidang pertambangan Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) mengembangkan Program Studi Teknik Pertambangan. Pemahaman endapan bahan galian secara lebih ilmiah dengan menggunakan teknologi maju akan sangat membantu dalam menambang, mengolah dan mengantisipasi kemungkinan kemungkinan terjadinya kerusakan lingkungan. Untuk itu dibutuhkan ahli ahli Teknik Pertambangan yang berwawasan lingkungan. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, Program Studi Teknik Pertambangan Sekolah Tinggi Teknologi Nasional merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertanggung jawab ikut menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan/ penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya bagi masyarakat, bangsa dan negara khususnya dalam bidang pertambangan.

Tujuan pendidikan

Sebagai salah satu program studi pada perguruan tinggi yang berkepentingan dalam pengembangan ilmu dan teknologi, Program Studi Teknik Pertambangan mempunyai tujuan untuk menghasilkan Sarjana Teknik yang :

  • Memiliki integritas dan kepribadian yang tinggi, etika profesi dan kemampuan untuk membina kelompok profesi.
  • Memiliki kemampuan pada perancangan, eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan dalam industri pertambangan.
  • Mempunyai kemampuan untuk ikut serta dalam pengembangan IPTEK di gidang Teknik Pertambangan.
  • Mempunyai kemampuan dasar untuk melakukan penelitian dan memecahkan masalah-masalah di bidang industri Pertambangan.

 

Program Pendidikan

Program Studi Teknik Pertambangan adalah suatu program pendidikan yang mempelajari dan mengembangkan masalah masalah yang berkaitan dengan perancangan, metode eksploitasi dan pengolahan bahan tambang yang berwawasan lingkungan. Pendidikan ditekankan pada kemampuan analisis maupun praktis (terapan) untuk tujuan penelitian maupun aplikasi praktis.

Program studi Teknik Pertambangan diselenggarakan selama 4 tahun akademik, yang terdiri dari 8 (delapan) semester dengan beban total 144 sks

Fasilitas

Laboratorium

  • Lab. Komputer
  • Lab. Fisika Dasar
  • Lab. Kimia Analisis
  • Lab. Mekanika Tanah dan Batuan
  • Lab. Eksplorasi
  • Lab. Pengolahan
  • dan lain-lain lab. yang mendukung

 

Perpustakaan

Ruang perpustakaan yang ada pada saat ini cukup mendukung baik jumlah maupun judul makalah untuk sarana belajar mengajar. Buku yang tersedia berupa buku-buku pegangan (text book), buletin-buletin baik nasional maupun internasional serta laporan-laporan penelitian.

Prospek Lulusan

Selama hidup, manusia akan memerlukan bahan-bahan tambang dan energi. Indonesia merupakan negara yang secara alamiah dikaruniai sumber daya alam mineral yang berlimpah seperti minyak dan gas bumi, emas, batu bara, nikel dan sebagainya. Untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, harus dikelola dengan baik. Untuk itu dibutuhkan tenaga-tanaga yang profesional dibidang pertambangan. Dengan jumlah bahan galian tambang yang sangat melimpah terutama didaerah-daerah, maka lulusan Program Studi Teknik Pertambangan sangat diperlukan dalam pengolahan bahan galian tersebut, baik untuk instansi-instansi pemerintah seperti Dinas Pertambangan Daerah maupun perusahaan-perusahaan pertambangan swasta.

Tenaga Pengajar

Program Studi Teknik Pertambangan STTNAS didukung oleh dosen-dosen berkualitas. Umumnya pengajar-pengajar tersebut telah memiliki pengalaman dan pernah bekerja sebagai praktisi-praktisi di bidang eksplorasi dan eksploitasi pertambangan, tenaga – tenaga kerja tersebut antara lain

1. Prof. Ir. Waspodo Martojo (Pengolahan Bahan Galian)
2. Ir. Agustinus Isjudarto, MT. (Geologi Tambang / Mineral)
3. Ir. Partama Misdiyanto, MT. (Geologi Tambang / Bahan Galian)
4. R. Andy Erwin Wijaya, ST.,MT (Tambang Terbuka / Perencanaan Tambang)
5. M. Sri Prasetyo Budi, ST.,MT. (Teknologi Polimer)
6. Agung Dwi Sutrisno, ST (Eksplorasi Tambang)
7. Hendra Susilo, ST (Pengolahan Bahan Galian / Tambang Bawah Tanah)
8. Faisol Mukarrom, ST, MM (Manajemen Tambang / Ekonomi Mineral)
9. Reza Ardyanto, ST (Tambang Umum dan Batubara)
10. Shilvyanora Aprilia Rande, ST (Lingkungan Tambang dan Reklamasi Pasca Tambang)
11. Ir. Ag. Isjudarto, MT (Teknik Eksplorasi)
12. Supandi, ST, MT (Geo Mekanik)
13. Ir. St. Soebantijo, M.Si (Petrologi dan Mineralogi)
14. Agung Dwi Sutrisno, ST (Komputasi tambang / Kebijakan Mineral)