BlueDark-VioletDarkEmeraldGoldenGrapefruitLight-BrownLimeMetallic-BlueOceanOliveOrangePinkRaspberrySky-BlueViolet

Teknik Geologi

Program Studi Teknik Geologi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam bidang Teknik Geologi. Pembangunan dalam rangka memperoleh sumber daya bumi (mineral, air, minyak bumi dsb), perancangan dan perencanaan bangunan (gedung, bendungan, dsb) membutuhkan data-data geologi yang akurat. Untuk itu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli geologi yang profesional dan berwawasan lingkungan. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, Program Studi Teknik Geologi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertanggung jawab menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan/penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan Pendidikan

Sebagai salah satu program studi pada perguruan tinggi yang berkepentingan dalam pengembangan ilmu dan teknologi, Program Studi Teknik Geologi mempunyai tujuan antara lain:

Meningkatkan kualitas pendidikan teknik geologi kebumian sebagai wujud perguruan tinggi tujuan bagi calon mahasiswa

Meningkatkan kualitas penelitian teknik geologi kebumian sebagai ujud perguruan tinggi wahana riset bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Menyebarluaskan hasil-hasil pendidikan dan penelitian untuk dimanfaatlkan oleh masyarakat.

Program Pendidikan

 

Program Studi Teknik Geologi adalah suatu program pendidikan yang mempelajari dan mengembangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan bentuk muka bumi, material penyusun bumi, proses-proses dinamika bumi dan sejarah bumi serta geologi terapannya seperti geologi minyak dan gas bumi, geologi teknik, hidro geologi, geologi tata lingkungan, geologi tambang dan lain-lain. Pada saat ini kurikulum teknik geologi mengacu pada Kurikulum Inti ditambah Kurikulum Institusional yang terkonsentrasi pada Bidang Sumber Daya Mineral, Bidang Sumber Energi dan Geologi tata Lingkungan. Pelaksanaan pendidikan menggunakan sistim SKS dengan jumlah 145 SKS dan lama pendidikan 8 semester. Tugas Akhir mahasiswa berupa pemetaan geologi dan dapat juga dengan melakukan Kerja Praktek pada beberapa perusahaan di bidang kebumian.

Fasilitas

  • Laboratorium

Pada saat ini Progran Studi Teknik Geologi telah memiliki 19 laboratorium. Fasilitas labolatorium didukung oleh peralatan yang mendukung bagi penelitian dan praktikum mahasiswa. Labolatorium terbagi dalam 4 bidang keahlian: Lab. Soft Rock, Lab. Geologi Lingkungan dan Lab. Geologi Dinamik. Selain itu beberapa mata praktikum tertentu dilakukan dengan praktek lapangan bekerjasama dengan jurusan atau intansi lain.

  • Perpustakaan

Perpustakaan yang ada pada saat ini cukup mendukung, baik jumlah maupun judul buku untuk sarana belajar mengajar. Buku yang tersedia berupa buku-buku pegangan (text book), buletin-buletin baik nasional maupun internasional serta laporan-laporan penelitian.

Prospek Lulusan

Lulusan teknik Geologi STTNAS dapat bekerja hampir di semua instansi pemerintah terutama di bawah Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Pekerjaan Umum, semua perusahaan minyak dan gas bumi baik BUMN (PERTAMINA) maupun kontraktor seperti, CALTEX, STANVAC, MOBIL OIL, juga dapat bekerja dalam perusahaan pertambangan (emas, batubara, nikel, timah, dll) serta dapat juga sebagai konsultan bangunan teknik (waduk jembatan, irigasi, gedung, dll).

Sampai saat ini Program Studi Teknik Geologi telah meluluskan lebih dari 800 lulusan Sarjana. sebagian besar telah bekerja diberbagai bidang geologi, misalnya:

  • PT. Core Lab
  • PPT Migas
  • Pertamina
  • PT. Freeport Indonesia
  • PT. Aneka Tambang
  • PT. Newmont
  • Beberapa perusahaan pertambangan emas dan batubara.

 

Tenaga Pengajar Teknik Geologi

  1. Prof. Dott. Sampurno (Geologi Teknik dan Tata Lingkungan)
  2. Prof. Dr.H. Sukendar Asikin (Tektonik/Struktur Geologi)
  3. Dr. Hill Gendoet Hartono, ST.,MT (Petrologi/Komputasi Geologi)
  4. Hita Pandita, ST.,MT (Paleontologi)
  5. Ir. Dianto Isnawan, MT (Geologi Lingkungan/Geoteknik)
  6. Dr. Ir. Evaristus Budiadi, MS (Geomorfologi/Penginderaan Jauh)
  7. Ir. Rr. Amara Nugrahini, MT (Volkanostratigrafi)
  8. Ir. Setyo Pambudi, MT (Stratigrafi/Sedimentologi)
  9. Ir. Sukartono, MT (Geologi Struktur/Geologi Teknik)
  10. Th. Listyani Retno Astuti, ST.,MT (Geologi Lingkungan/Hidrogeologi)
  11. Bernadeta Subandini Astuti, ST (Geologi/Reservoar Minyak dan Gas Bumi)
  12. Drs. Sujono (Fisika, Matematika)
  13. Ir. Djoko Sungkono (Geohidrologi)
  14. Winarti, ST.,MT (Geofisika)
  15. Dra. Sri Ning Peni, M.Si (Teknik Kimia)

VISI, MISI  DAN  TUJUAN  JURUSAN TEKNIK GEOLOGI

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA

Visi :

  1. Menjadikan Jurusan Teknik Geologi sebagai tempat pendidikan S1 yang bertaraf nasional dan mampu bersaing secara global
  2. Membentuk lulusanyang siap dikembangkan baik untuk bekerja di lapangan maupun untuk pendidikan tingkat lanjut
  3. membentuk lulusan yang bermoral Pancasila, mandiri serta mampu mengembangkan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional

Misi :

  1. Menciptakan suasana akademik di kampus yang kondusif untuk berkembangnya proses belajar mengajar.
  2. Melakukan evaluasi kurikulum secara periodik dengan penekanan pada kebutuhan pasar kerja tanpa melupakan perkembangan teknologi yang pesat.
  3. Meningkatkan kemampuan dosen dalam jenjang pendidikan maupun jenjang jabatan akademik.
  4. menjalin hubungan kerja yang baik dan kontinyu dengan PTN dan PTS lain yang mempunyai program studigeologi dalam mengembangkan bidang studi Teknik Geologi.

Tujuan :

Menyiapkan anggota masyarakat yang berkemampuan akademik/profesional yang dapat :

Menerapkan, mengembangkan, menciptakan dan menyebarluaskan IPTEK serta penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional