BlueDark-VioletDarkEmeraldGoldenGrapefruitLight-BrownLimeMetallic-BlueOceanOliveOrangePinkRaspberrySky-BlueViolet

Partisipasi Prodi PWK STTNAS Yogyakarta Dalam Seminar Internasional & Kongres Nasional Aspi Ke VI Makassar, 13 – 14 Juli 2011

Posted By: sunah on Aug 04, 2011 in Berita

Beberapa waktu yang lalu Program Studi PWK STTNAS Yogyakarta mengirimkan delegasi dalam kegiatan Seminar Internasional dan Kongres Nasional ASPI (Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia) di Makassar. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin ASPI setiap tahun, dan Kongres Nasional setiap dua tahun. Kongres sebelumnya, Tahun 2010, dilaksanakan di Kota Padang dan Bukittinggi Sumatera Barat dengan tuan rumah Universitas Andalas dan Universitas Bung Hatta Padang. Tahun ini Seminar Internasional dan Kongres ASPI dilaksanakan di Kota Makassar dengan tuan rumah Universitas Hasanuddin, Universitas 45, dan Universitas Islam Negeri Alauddin.

 

Seminar Internasional ASPI dengan tema “Planning in The Era of Global Change” telah dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Juli 2011 di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar. Seminar dihadiri tidak kurang dari 259 orang peserta, dan menampilkan 3 keynote speakers dari ASPI, Dep.PU, dan IAP, dan 3 Pembicara utama dari Kyushu Univ (Prof. Takeru Sakai), Tohoku Univ (Assoc.Prof. Masashige Motoe), dan Bappeda Kota Makassar. Makalah yang masuk mencapai 64 makalah yang mencakup tema planning education (4 makalah), spatial physical planning (32 makalah), public policy and management (11 makalah), social planning (8 makalah), market based planning (9 makalah). Sesi paralel diikuti oleh 24 presenter yang mewakili masing-masing tema.

Pada kesempatan ini Prodi PWK STTNAS mengirimkan dua makalah yaitu : The Role of Small Towns in Regional Development of Kedungsepur, Central Java (Solikhah Retno Hidayati) dan terpilih untuk dipresentasikan langsung dalam Paralel Session  of Public Policy and Management. Makalah kedua : The Conceptual Model of Evaluation in Transport Route Planning Alternatives : A Spatial Decision Support System for Jalan Poros Tengah Kupang Region (Iwan Aminto Ardi dan Ircham) terpilih untuk dipresentasikan dalam Poster Session of Spatial and Physical Planning.

Kongres VI ASPI dengan tema “Pemantapan Jati Diri ASPI menuju Pendidikan Perencanaan Wilayah dan Kota yang Holistik”telah dilaksanakan di Kampus Universitas 45 Makassar pada hari Kamis, 14 Juli 2011. Kongres ini dihadiri 43 peserta selain panitia lokal, dari 27 sekolah perencanaan anggota ASPI. Kegiatan Kongres VI ASPI telah dimulai dengan pembahasan Pra Kongres tanggal 13 Juli di Kampus UNHAS, yang menyepakati agenda dan materi pembahasan kongres.Kegiatan Kongres dimulai dengan Sambutan Ketua ASPI periode 2009-2011 Bapak

Haryo Winarso melalui fasilitas internet langsung dari Amerika, walaupun beberapakali terputus tetapi menarik dan penting berkaitan dengan kesan dan pesan dari ketua ASPI. Sambutan dan pembukaan kongres dilakukan oleh Rektor Univ.45. Acara kongres meliputi pembahasan dan kesepakatan Ketua sidang, tata tertib sidang, Buku Putih ASPI, AD/ART ASPI, Ketua dan kepengurusan ASPI, Issu-issu serta mandat program ASPI 2011-2013.

 

Pada kongres kali ini menetapkan Dr.rer.nat.Imam Buchori sebagai Ketua ASPI untuk periode 2011 – 2013 beserta dengan jajaran kepengurusan yang baru. Selain itu ditetapkan juga Ketua Wilayah yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan ASPI di tingkat wilayah, yang terdiri atas wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Indonesia Timur. Pada kepengurusan periode ini, perwakilan Prodi PWK STTNAS, Iwan Aminto Ardi ditunjuk sebagai Ketua Wilayah Jawa Tengah bersama Prof. Bakti Setiawan (UGM). Konsekuensi dari amanah yang diberikan ASPI adalah, bahwa setiap saat Prodi PWK STTNAS harus siap untuk menjadi tuan rumah kegiatan ASPI baik tingkat wilayah maupun nasional.

 

Kongres juga menerima 6 anggota baru, yaitu : S2 MIPWK USI Simalungun, S1 PWK Unsrat Manado, S3 Arsitektur Perkotaan Semarang, S1 Pembangunan Wilayah UGM Jogjakarta, S1 PWK UIN Alauddin Makassar, dan S3 PWD IPB Bogor. Penambahan anggota baru ini berarti menambah jumlah anggota ASPI yang sebelumnya 42 Program Studi menjadi 48 Program Studi Penyelenggara Pendidikan Perencanaan Wilayah dan Kota, baik S1, S2, maupun S3. Seminar Tahunan untuk Tahun 2012 akan dilaksanakan di Bandung, dan pelaksanaan Kongres VII Tahun 2013 di Manado (Universitas Sam Ratulangi) (IAA).

Penyerahan sertifikat presenter oleh Prof. Ananto Yudono kepada Ibu Solikhah Retno Hidayati, ST

Salah satu pemakalah dari STTNAS, Bp. Iwan Aminto Ardi, ST

Comments are closed.